Benarkah Jenazah Corona Dimasukkan Peti Karena Organnya Hilang? CEK FAKTANYA...

Benarkah Jenazah Corona Dimasukkan Peti Karena Organnya Hilang? CEK FAKTANYA...


PenjelasanBerdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, Selasa (9/6/2020), narasi yang menyebutkan jenazah pasien Covid-19 ditaruh di dalam peti karena organ tubuhnya hilang adalah narasi yang salah.
Video yang diunggah tidak ada kaitannya dengan Covid-19.
Faktanya kejadian yang menimpa orang dalam video tersebut bukan karena Covid-19.
Mengutip dari akun YouTube Tribunnews.com, pemberitaan terkait video tersebut diunggah pada 23 April 2018 dengan judul: “Keluarga Ngamuk dan Minta Organ Dikembalikan, Ternyata Jecky Payow Dibunuh karena hal Sepele”.
Dikutip dari Inews.id, dalam pemberitaan pada 23 April 2018, jenazah diketahui bernama Geraldy Jecky Payow, korban penikaman di sebuah indekos di Malalayang, Manado Sulawesi Utara.
Korban yang sudah tak bernyawa dilarikan ke rumah sakit untuk dilakukan autopsi.
Keluarga tampak menangis histeris saat melihat jenazah Jecky Payow. Mereka tak kuasa menahan tangis mengetahui nasib Jecky Payow.
Video yang diunggah tersebut tidak ada kaitannya dengan Covid-19. Video tersebut dimuat pada 2018, jauh sebelum virus corona baru Covid-19 merebak.
KesimpulanDari penjelasan di atas, narasi yang menyebut jenazah Covid-19 diambil organ tubuhnya tidak sesuai dengan fakta.
Unggahan tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.
Sumber: suara.com

BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Halaman
2 3