HASIL PENELITIAN, Perokok Lebih Sukar Terinfeksi Covid-19, Zat Ini Jadi Penangkalnya

HASIL PENELITIAN, Perokok Lebih Sukar Terinfeksi Covid-19, Zat Ini Jadi Penangkalnya
HASIL PENELITIAN, Perokok Lebih Sukar Terinfeksi Covid-19, Zat Ini Jadi Penangkalnya

Studi ini bisa diakses di platform jurnal online Qeios. Ia diterbitkan pada 21 April 2020 dan belum menjalani proses peer-review.
Nikotin adalah kunci
Rencana itu bermula dari penelitian pada Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière di Paris yang hasilnya menunjukkan bahwa salah satu kandungan pada rokok - kemungkinan besar nikotin - diduga telah membuat perokok lebih sukar tertular Covid-19.
Dalam penelitian itu para ilmuwan mewawancarai 480 pasien Covid-19. Dari jumlah itu, 350 di antaranya dirawat di rumah sakit, sementara sisanya mengalami gejala ringan dan diizinkan untuk dirawat di rumah.
Para responden yang dirawat di rumah sakit berusia rata-rata 65 tahun dan hanya 4,4 persen yang rutin merokok. Sementara yang tak dirawat di rumah sakit, usia rata-ratanya 44 tahun dan 5,5 persennya merokok.

Para ilmuwan juga membandingkan data mereka dengan data jumlah perokok di Prancis. Hasilnya menunjukkan, jumlah perokok di antara pasien yang diwawancarai jauh lebih kecil, karena sekitar 40 persen dari orang berusia 44-53 tahun di Prancis merokok; sementara di kelompok usia 65-75 tahun sekitar 8,8 persen - 11,3 persen merokok.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Halaman
2 3