FBI Tangkap Profesor Harvard yang Dibayar Tiongkok untuk Menciptakan Virus Korona? Ini Faktanya

FBI Tangkap Profesor Harvard yang Dibayar Tiongkok untuk Menciptakan Virus Korona? Ini Faktanya
Penangkapan Profesor Harvard dan Program Seribu Ilmuan Tiongkok ...
Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim bahwa FBI telah menangkap profesor dari Universitas Havard karena menciptakan virus Korona jenis baru adalah salah. Faktanya, bahwa benar seorang profesor Harvard University ditangkap namun bukan terkait pembuatan virus Korona jenis baru.
 
Dilansir situs Deaprtemen Kehakiman Ameriksa Serikat justice.gov melalui artikel berjudul "Harvard University Professor and Two Chinese Nationals Charged in Three Separate China Related Cases" 28 Januari 2020, menyebutkan bahwa Ketua Departemen Kimia dan Biologi Universitas Harvard dan dua warga negara Tiongkok telah didakwa sehubungan dengan membantu Tiongkok dalam bidang sains.
 
Charles Lieber, 60, Ketua Departemen Kimia dan Biologi di Universitas Harvard, ditangkap dan didakwa dengan satu tuduhan membuat pernyataan yang salah secara materi, fiktif, dan curang. Lieber diproses di pengadilan federal di Boston, Massachusetts.
 
Kemudian, dua warga Tiongkok yang juga ditangkap, Yanqing Ye, pria berusia 29 tahun didakwa dengan tuduhan penipuan visa, membuat pernyataan palsu, bertindak sebagai agen pemerintah asing dan konspirasi. Lalu, Zaosong Zheng, pria 30 tahun ditangkap pada 10 Desember 2019, di Bandara Internasional Logan Boston dan didakwa dengan tuduhan kriminal karena berusaha menyelundupkan 21 botol penelitian biologi ke Tiongkok.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Halaman
2 3