Siapa Yang Diam Di Rumah Saat Terjadi Wabah Maka Dia Mendapat Pahala Seperti Orang Yang Mati Syahid, Mohon Bagikan Agar Banyak Orang Terselamatkan.. AMIN..

Siapa Yang Diam Di Rumah Saat Terjadi Wabah Maka Dia Mendapat Pahala Seperti Orang Yang Mati Syahid, Mohon Bagikan Agar Banyak Orang Terselamatkan.. AMIN..


Siapa yang menghadapi wabah lalu dia bersabar dengan tinggal di dalam rumahnya seraya bersabar dan ikhlas sedangkan dia mengetahui tidak akan menimpanya kecuali apa yang telah ditetapkan Allah kepadanya, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mati syahid.”

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah Muhammad Ziyad mengonfirmasi hadits itu shahih. Konteks hadits tersebut ketika terjadi wabah penyakit menular yang ganas di zaman Nabi.

Ustadz Ziyad mengatakan, hadist itu menjelaskan ketika terjadi wabah menular, lalu orang berada di rumah saja untuk menghindari agar tidak tertular atau menularkan penyakit ke orang lain, maka orang itu mendapat pahala mati syahid meski yang bersangkutan tidak mati dalam wabah tersebut. “Oleh karena itu, Nabi SAW mendorong mari tinggal di rumah, toh Allah memberi pahala yang mulia tersebut,” kata Ustadz Ziyad kepada Republika.co.id, Senin (23/3).

Mengacu pada kondisi sekarang, Ustadz Ziyad mengimbau umat Islam di Indonesia tetap tinggal di rumah sebagai ikhtiar terbaik menghindari penyebaran virus corona. “Menghindarkan diri dari kemudaratan untuk menyelamatkan jiwa dari bahaya virus corona merupakan bagian dari inti ajaran Islam dalam maqashid syari’ah, yaitu menjaga/menyelamatkan jiwa (hifz al-Nafs),” ujarnya.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Halaman
2 3